Cara Mengganti Nomor M Banking BCA

Cara Mengganti Nomor M Banking BCA

Posted on 14 views

Cara Mengganti Nomor M Banking BCA Apakah Anda ingin mengganti nomor yang terhubung dengan layanan mobile banking BCA atau m-BCA? Terdapat dua metode yang dapat Anda pilih untuk mengganti nomor m-BCA dengan lancar dan mudah. Untuk informasi lebih lanjut, simak penjelasan berikut.

Persyaratan dan Ketentuan yang Perlu Diperhatikan

Sebagai layanan perbankan berbasis teknologi, m-BCA (Mobile Banking) dari BCA memudahkan nasabah untuk mengakses rekening mereka melalui telepon seluler atau handphone. Dengan beberapa pilihan akses seperti melalui menu di SIM Card, SMS, atau bahkan melalui aplikasi BCA mobile, m-BCA memberikan kenyamanan dalam melakukan transaksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk menggunakan layanan m-BCA, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan nomor HP Anda yang akan terhubung dengan kartu ATM BCA. Harap diingat bahwa satu nomor HP hanya dapat terhubung ke satu kartu ATM BCA, dan sebaliknya, satu kartu ATM BCA dapat dihubungkan hingga 10 nomor HP yang berbeda.

Jika Anda ingin mengganti nomor HP yang terdaftar dalam layanan m-banking BCA, maka Anda perlu mengikuti langkah-langkah tertentu. Meskipun proses ini tidak berarti Anda harus menutup rekening Anda, tetapi Anda harus menginformasikan kepada pihak BCA bahwa Anda ingin menggunakan nomor handphone baru untuk layanan m-BCA.

Baca juga :

Cara Screenshot Saldo M Banking BCA

Proses Cara Mengganti Nomor M Banking BCA

Harap diingat bahwa Anda tidak dapat mengganti nomor mobile banking BCA secara langsung. Yang dapat Anda lakukan adalah menghapus nomor yang sudah terhubung. Setelah nomor lama terhapus, Anda dapat mendaftarkan nomor baru pada layanan m-BCA melalui mesin ATM. Proses pendaftaran nomor baru ini sama persis dengan langkah-langkah pertama saat Anda mendaftarkan m-BCA pertama kali.

Cara Mengganti Nomor m-BCA Melalui ATM 

Langkah 1: Hubungi Layanan Pelanggan Halo BCA

Jika Anda ingin mengganti nomor m-BCA, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi layanan pelanggan Halo BCA. Anda dapat menghubungi mereka di nomor 1500888. Ketika berbicara dengan perwakilan layanan pelanggan, jelaskan bahwa tujuan Anda adalah untuk mengganti nomor lama pada Mobile Banking BCA dengan nomor baru.

Langkah 2: Registrasi Nomor Baru Melalui ATM BCA

Setelah Anda berbicara dengan layanan pelanggan, langkah berikutnya adalah mendaftarkan nomor handphone baru melalui mesin ATM BCA. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi mesin ATM BCA terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM Anda.
  3. Ketikkan PIN ATM Anda.
  4. Pilih opsi “Daftar E-Banking/Autodebet”.
  5. Pilih “Mobile Banking”.
  6. Anda akan melihat perjanjian layanan, pilih opsi “Ya”.
  7. Masukkan nomor handphone baru yang ingin Anda daftarkan. Jika Anda yakin dengan nomor tersebut, tekan “Benar”.
  8. Anda akan diminta untuk menyetujui klausul layanan m-BCA. Tekan “Ya”.
  9. Buatlah PIN m-BCA baru, dan tekan “Benar”.
  10. Konfirmasikan kembali PIN m-BCA Anda, lalu tekan “Benar” sekali lagi.
  11. Proses pendaftaran nomor baru telah berhasil.
  12. Keluarkan kartu ATM Anda dari mesin.

Langkah 3: Aktivasi Melalui Aplikasi BCA Mobile

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, Anda perlu mengaktifkan nomor handphone baru melalui aplikasi BCA Mobile. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile.
  2. Pilih opsi “m-BCA”.
  3. Baca syarat dan ketentuan layanan m-BCA, lalu klik “Terima”.
  4. Masukkan 16 digit nomor di kartu ATM Anda. Pastikan Anda memiliki cukup pulsa minimal 5.000 rupiah, karena proses ini akan memotong pulsa Anda.
  5. Klik “OK”.
  6. Tunggu SMS dari BCA (69888) dan klik “Kirim” setelah menerimanya.
  7. Tunggu balasan dari BCA (69888) yang mengkonfirmasi bahwa proses aktivasi telah berhasil.
  8. Aplikasi BCA Mobile akan secara otomatis melakukan refresh.
  9. Buatlah kode akses yang terdiri dari angka dan huruf. Kode ini akan digunakan saat Anda membuka aplikasi BCA Mobile dan bisa berbeda dengan PIN atau password Internet Banking BCA Anda.
  10. Terakhir, masukkan PIN ATM Anda dan klik “Kirim”.
  11. Proses aktivasi BCA Mobile telah selesai dan berhasil.

Catatan Penting:

Meskipun Anda telah mendaftarkan nomor baru pada M Banking BCA melalui prosedur ini, namun transaksi yang dapat Anda lakukan terbatas pada pemeriksaan saldo, melihat mutasi rekening, dan aktivitas non-finansial lainnya. Dengan kata lain, Anda belum dapat melakukan transfer baik ke rekening BCA lainnya maupun ke bank lain.

Untuk menikmati semua fitur yang ditawarkan oleh aplikasi BCA Mobile, Anda harus menghubungi Layanan Pelanggan BCA lagi dan menginformasikan keinginan Anda untuk mengaktifkan transaksi finansial pada M-BCA. Layanan Pelanggan akan memberikan petunjuk mengenai pengiriman berkas yang diperlukan ke alamat email BCA. Ikuti petunjuk tersebut dengan seksama sesuai arahan dari perwakilan Layanan Pelanggan BCA. Harap diperhatikan bahwa proses aktivasi membutuhkan waktu tiga hari kerja dan Anda akan menerima informasi mengenai status aktivasi melalui aplikasi BCA Mobile.

Cara Mengganti Nomor m-BCA Melalui Kantor Cabang BCA

Alternatif kedua adalah dengan mengunjungi kantor cabang BCA secara langsung. Metode ini sangat disarankan karena Anda akan mendapatkan bantuan langsung dari pegawai BCA. Sebelum mengunjungi kantor cabang, pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen-dokumen seperti buku tabungan, Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu debit BCA, dan nomor handphone baru.

Dengan demikian, Anda telah mempelajari berbagai cara untuk mengganti nomor m-BCA. Jika Anda ingin merubah nomor handphone Anda, disarankan untuk langsung datang ke kantor cabang BCA terdekat karena Anda akan mendapatkan bantuan yang lebih langsung dan komprehensif di sana.

Baca juga :

Mengatasi BCA Unable to Authenticate Your Identity

Pertanyaan Umum Mengenai Mengganti Nomor m-BCA

1. Apa itu m-BCA?

m-BCA adalah layanan Mobile Banking dari Bank Central Asia (BCA) yang memungkinkan Anda untuk mengakses rekening bank dan melakukan berbagai transaksi finansial melalui aplikasi di ponsel Anda.

2. Mengapa saya perlu mengganti nomor m-BCA?

Anda mungkin perlu mengganti nomor m-BCA jika Anda memiliki nomor handphone baru atau ingin meningkatkan akses transaksi finansial melalui aplikasi BCA Mobile.

3. Apa yang harus dilakukan setelah mengganti nomor m-BCA melalui ATM?

Setelah mengganti nomor m-BCA melalui ATM, Anda perlu mengaktifkannya melalui aplikasi BCA Mobile. Buka aplikasi, pilih “m-BCA”, dan ikuti petunjuk untuk aktivasi.

4. Apakah ada biaya untuk mengganti nomor m-BCA?

Biasanya, BCA tidak mengenakan biaya untuk mengganti nomor m-BCA. Namun, pastikan untuk memeriksa informasi terbaru di situs resmi BCA atau hubungi Layanan Pelanggan untuk konfirmasi.

5. Berapa lama proses aktivasi nomor m-BCA?

Proses aktivasi biasanya memakan waktu tiga hari kerja. Anda akan menerima konfirmasi melalui aplikasi BCA Mobile setelah aktivasi berhasil dilakukan.

6. Apa saja transaksi yang dapat dilakukan setelah mengganti nomor m-BCA?

Setelah mengganti nomor m-BCA, Anda dapat melakukan pemeriksaan saldo, melihat mutasi rekening, dan berbagai aktivitas non-finansial lainnya. Namun, untuk transaksi finansial seperti transfer, Anda perlu mengaktifkan fitur ini melalui Layanan Pelanggan BCA.

7. Apakah saya bisa mengganti nomor m-BCA di kantor cabang BCA?

Ya, Anda dapat mengganti nomor m-BCA melalui kantor cabang BCA dengan dibantu oleh pegawai BCA. Pastikan Anda membawa dokumen-dokumen yang diperlukan seperti rekening tabungan, KTP, kartu debit, dan nomor handphone baru.

8. Bagaimana jika saya ingin mengaktifkan transaksi finansial pada m-BCA?

Jika Anda ingin mengaktifkan transaksi finansial pada m-BCA setelah mengganti nomor, Anda perlu menghubungi Layanan Pelanggan BCA. Mereka akan memberikan petunjuk mengenai proses aktivasi dan pengiriman berkas yang diperlukan.

9. Apakah nomor handphone baru dapat digunakan untuk transaksi langsung setelah mengganti nomor m-BCA?

Tidak, setelah mengganti nomor m-BCA, Anda hanya dapat melakukan transaksi terbatas seperti pemeriksaan saldo dan mutasi rekening. Untuk transaksi finansial, Anda perlu mengaktifkan fitur ini melalui Layanan Pelanggan BCA.

Baca juga :

Cara Tarik Tunai BCA Tanpa Kartu ATM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Googlenews Winning-wizard.com